Minggu, 25 Desember 2011

Cara akses Database Mysql dengan Visual Basic

Public Conn As New ADODB.Connection
1     Public Port As New ADODB.Recordset

3    Public Sub koneksi()
4   Dim ConnString As String
5   Dim db_name As String
6   Dim db_server As String
7   Dim db_port As String
8   Dim db_user As String
9   Dim db_pass As String
10
11  On Error GoTo buat_koneksi_Error
12
13  db_name = "gugum"
14  db_server = "localhost" 
15  db_port = "3306"
16  db_user = "root" 
17  db_pass = "" 
18
19 
20  ConnString = "DRIVER={MySQL ODBC 5.1 Driver};SERVER=" & db_server & ";DATABASE=" & db_name & ";UID=" & db_user & ";PWD=" & db_pass & ";PORT=" & db_port & ";OPTION=3"
21
22  If Conn.State = 1 Then Conn.Close
23  With Conn
24      .ConnectionString = ConnString
25      .Open
26  End With
27
28  On Error GoTo 0
29  Exit Sub
30
31 buat_koneksi_Error:
32      MsgBox "Ada kesalahan dengan server, periksa apakah server sudah berjalan !", vbInformation, "Cek Server"
33  End Sub
Public Sub selekport()
Set Port = New ADODB.Recordset
Port.Open "select * from port", Conn, adOpenDynamic, adLockBatchOptimistic
End Sub


dan berjalan lancar..
begitu pula dengan akses portnya lancar. sekarang sudah bisa uptodate begitu dari webserver di ubah, maka di VB juga langsung terupdate, berikut scrrenshootnya:
Image
Image
terimaksih atas informasinya.
Salam, saya newbie di ni forum. Mohon pencerahan barangkali ada yg bisa bantu permasalahan saya.
Saya sedang melakukan percobaan untuk membuat sebuah kontrol on/of listrik melalui komputer dan kontrolnya (mematikan/menghidupkan) sendiri menggunakan php melalui browser. Untuk hardwarenya saya memanfaatkan port LPT1 pada PC yang terhubung ke relay nantinya dengan perantara driver terlebih dahulu.UNtuk akses port parralelnya sendiri saya menggunakan bantuan VB 6.0 dan tidak ada masalah.
Sistem kerjanya sendiri seperti ini gambarannya:
Saya membuat sebuah database mysql di phpmyadmin pada PC saya (server menggunakan xampp). database tersebut seluruhnya dikendalikan oleh aplikasi php yg udah saya buat dangk ada masalah. Di databse tersebut ada sebuah field boolean (hanya berisi angka 1 atau 0 (nol), dimana yg dari nilai ini nantinya akan menentukan kondii aktiv atau tidaknya pin-pin pada port paralel LP tersebut dengan menggunakan aplikasi yang dibuat oleh visual basic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar