Sabtu, 25 Februari 2012

Mengubah warna baris pada crystal report berdasarkan kondisi tertentu

 
Saya contohkan pada kasus berikut ini:
Baris yang berbeda warna


Seperti terlihat pada gambar diatas, untuk kolom Hrgbrg terdapat pembedaan warna. Untuk yang harganya dibawah 5000 maka hrgbrg akan berwarna Merah, selain itu warnanya Biru. Bagaimana melakukan itu pada Crystal Report?, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Saya asumsikan anda sudah membuat sebuah laporan dengan crystal report, sudah ada headernya, sudah ada fieldnya, sudah selesai semua, tinggal menambahkan fitur beda warna ini saja. Aktifkan modus preview pada crystal report dan klik-kanan pada Field yang ingin warnanya berubah sesuai dengan kondisi diatas, dan pilih Format Field seperti gambar dibawah ini:
 
Klik kanan pada Field dan pilih Format Field
Perintah diatas akan memunculkan layar Format Editor. Pada layar ini ada beberapa buah tab, abaikan saja, klik tab Font, seperti gambar dibawah ini:
Klik tab Font
Pada tab Font terdapat opsi tentang Font yang digunakan, Font , Stype, Size, dan tentunya Color. Pada sudut sebelah kanan (lihat gambar dibawah ini), terdapat sebuah tombol untuk Formula Editor. Klik tombol Formula Editortersebut
Klik tombol Formula Editor
Bagi yang sudah "bergelut" dengan formula, mungkin sudah tahu apa yang akan dilakukan selanjutnya, bagi yang belum silahkan tambahkan kode seperti dibawah ini disesuaikan dengan field dan kondisi yang anda inginkan.  Karena pada kasus contoh kita menggunakan field hrgbrg sebagai bahan perbandingan, maka dalam formula kita menggunakannya sebagai kondisi untuk evaluasi dengan menggunakan If. perintahnya adalah:

if {Barang.Hrgbrg}<5000 then Red else Blue
 
selengkapnya lihat gambar dibawah ini.

Tambahkan perintah
Setelah selesai, klik tombol Save & Close pada sudut sebelah kiri atas Formula Editor ini, dan sekarang laporan anda sudah berwarna warni. :)

Sebagai tambahan, ini ada beberapa warna yang bisa digunakan untuk kondisi-kondisi yang ingin anda ciptakan.
Beberapa pilihan warna


Mau contoh source codenya?
silahkan download di:

1 komentar: